DPRD KOTIM 

Event Budaya Simah Laut Diharapkan Mampu Dongkrak Kunjungan Wisatawan Kedaerah

Sampit,- Event budaya tahunan tradisi Simah Laut di Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, dalam waktu dekat akan kembali digelar. Kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Kotawaringin Timur melalui Disbudpar itu diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng.

Simah Laut merupakan tradisi budaya nelayan di kawasan Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan itu sebagai simbolis rasa syukur atas hasil tangkapan ikan selama ini, sekaligus pengharapan agar hasil tangkapan di tahun mendatang lebih banyak lagi dan nelayan dihindarkan dari segala marabahaya.

Kegiatan itu seyogyanya dilakukan dengan doa bersama di hari pertama. Dilanjutkan di hari ke dua yang merupakan puncak acara, yakni melarung miniatur perahu berisi 41 jenis kue tradisional ke laut. Kegiatan ini dilaksanakan setelah shalat Zuhur.

Setiap tahunnya ribuan warga menyaksikan tradisi tahunan yang kini dimasukkan dalam kalender pariwisata Kotawaringin Timur. Namun sebagian besar pengunjung merupakan pengunjung lokal kabupaten tersebut.

Ketua DPRD Kotim, Jhon Krisli menilai Simah Laut perlu dipromosikan lebih gencar lagi sejak jauh-jauh hari. Dengan promosi yang baik dan tepat, dia yakin pengunjung acara itu akan jauh lebih banyak lagi sehingga membawa dampak besar terhadap masyarakat setempat.

“Saya membandingkan dengan acara serupa di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantam Selatan yakni Mapenretase. Tradisinya persis sama, namun karena promosinya bagus maka pengunjung yang datang puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang,” kata Politisi PDI Perjuangan itu, Kamis (29/11/2018).

Ia juga menegaskan keseriusan pemerintah daerah menggarap sektor pariwisata. Selain memang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, sektor pariwisata sejak awal diyakini akan menjadi sektor baru yang dapat diandalkan menopang perekonomian masyarakat Kotawaringin Timur.

Kawasan Selatan, khususnya Kecamatan Teluk Sampit menjadi prioritas pengembangan sektor pariwisata. Pantai Ujung Pandaran memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Di pantai itu juga terdapat makam ulama besar yang banyak didatangi peziarah dari luar daerah,”Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman memastikan pelaksanaan acara Simah Laut akan digelar pada 1 Desember 2018 mendatang.

Ia menjelaskan Simah Laut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dipenghujung tahun. Dalam kegiatan itu, melarung selalu dilakukan, namun kali ini tidak ada ritual seperti itu lagi.

Kegiatan itu terbuka untuk umum, bahkan dia berharap kegiatan sebagai ucapan syukur kepada sang pencifta bisa dihadiri oleh banyak kalangan masyarakat.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: