DPRD KOTIM 

Tahun Depan Gajih Guru Dipastikan Naik 0,5%

Sampit,- Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rimbun ST ketua dibincangi awak media di ruang kerjanya (27/11/2018) kemaren memastikan tahun depan guru dikotawaringin timur akan medapatkan kenikan gajih sebesar RP 05Persen dari sebelumnya sebab Anggaran pendapatan belanja daerah kita tahun depan sudah dipasikan sebesar RP 1,8triliun.

“Saya pastikan gajih guru dikotim akan mengalami kenaikan sebesar 5persen dari sebelumnya dan tenaga honor juga mengikuti UMK yang sudah ditetapkan Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah menetapkan besaran upah minimum kabupaten (UMK) 2019 sebesar Rp 2.757.300. Angka itu naik dibanding tahun ini yang sebesar Rp 2.552.347,”ujar Rimbun

Dia juga mengatakan yang perlu juga jadi perhatian bukan hanya gajih saja yang naik juga penempatan tenaga guru harus merata hingga kepedalaman minimal dua orang guru yang berstatus ASN dan SDM pun harus ditingkatkan juga supaya anak didik kita dipedalaman pun bisa bersaingan dengan yang ada dikota.

”saya harap penataan tenaga guru harus dilakukan kembali dan yang bertugas di pedalaman pun akan mendaptkan tunjangan lebih dibandingkan yang ada dikota sesuai dengan jarak tempuhnya kekota semakin jauh dia tugas semakin besar juga tunjangan yang akan diberikan itul;ah harapan saya di DPRD Kotim ini dan pemda harus memperhatikan hal tersebut,”tutur Rimbun.

Menurutnya tahun 2019 kotim mendapatakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya Rp 1,6triliun (2018) dan tahun 2019 sebesar Rp 1,8triliun.

”Jika melihat dari nilai APBD yang ada yang sudah di tetapkan jadi wajar wajar saja kalau gajih guru naik dan tenaga honor juga begitu dan pihak swasta pun harus mengikuti umk yang sudah ditetapkan tersebut.”tandas Rimbun,” Demikian.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: