DPRD KOTIM 

Puluhan Pelajar SMP Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ke DPRD Kotim

Sampit,- Puluhan pelajar SMP Swasta Cita Bunda Scool Sampit mengunjungi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Senin (26/11/2018).

Siswa-siswi yang didampingi beberapa guru itu datang ke gedung DPRD Kotawaringin Timur untuk melakukan studi lapangan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Saat tiba di lobi gedung, para pelajar disambut oleh Kasubag Perundang-Undangan dan Perpustakaan, Indah Rusmini, SH, Dadang H Syamsu Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, dan Anggota DPRD Komisi III DPRD Kotim Sarjono serta langsung diarahkan untuk menuju ruang rapat.

Pada sesi tanya jawab dengan para pelajar Ketua Bapemperda Dadang H Syamsu, beberapa pelajar menanyakan tugas pokok dan fungsi DPRD.

Mendengar pertanyaan tersebut, Dadang menjelaskan bahwa DPRD bertugas menyuarakan suara rakyat, sedangkan fungsi dewan ada tiga, yakni legislasi, anggaran, dan monitoring.

Dadang kemudian menjelaskan bahwa dalam pemerintahan itu ada kalangan eksekutif dan legislatif yang keduanya harus sejalan dengan baik untuk mengatur pemerintahan.

“Kalangan eksekutif ditingkat kabupaten dipimpin oleh bupati, sedangkan kalangan legislatif oleh Ketua DPRD,” ujar politikus PAN itu.

Usai berdialog, para pelajar diajak masuk ke ruang rapat paripurna untuk merasakan langsung duduk di kursi anggota dewan.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: