DPRD KOTIM 

Program Pembinaan Kepemudaan Sama Pentingnya Dengan Pembangunan

Sampit,- Legislator Kabupaten Kotawaringin Timur, Syahbana mengharapkan pemerintah daerah setempat meningkatkan kegiatan kepemudaan sebagai pembinaan generasi muda agar lebih kreatif menggeluti minat dan bakatnya.

“Peningkatan keterampilan tidak hanya diperlukan untuk kelompok masyarakat sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan industri kecil, namun ekonomi kreatif yang diusung para pemuda ini juga wajib mendapatkan porsi sama,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Syahbana, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, selama ini peran pemerintah daerah dalam membina generasi muda melalui berbagai kegiatan kreatif anak muda masih minim, bahkan terkesan dinomorduakan dengan alasan belum membuktikan prestasi.

Menurut dia, pola pembinaan dalam mendukung kemandirian kaum muda sebenarnya harus dimulai sejak dini dengan memberikan fasilitas pendukung kepada komunitas kegiatan kepemudaan yang ada.

“Saat ini sudah tumbuh komunitas-komunitas yang melibatkan pemuda, bahkan mereka cukup eksis di dalam dan di tingkat nasional, seperti komunitas fotografi, cinematografi, seni tari, seni musik, kerajinan dan seni pertunjukan lain,” kata dia.

Komunitas yang sudah terbentuk itu perlu dukungan aktif dari pemkab, melalui dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Ke budayaan dan Informatika setempat.

“Pembinaan langsung perlu diperbanyak, pameran, diskusi, seminar atau pelatihan berbagai sektor ekonomi kreatif juga bisa memotivasi para pelaku, dan ini sifatnya sudah mendesak mengingat kita sudah menghadapi perdagangan bebas Asean,” kata dia.

Sebagai langkah awal, kata dia, pemkab wajib segera membangun sebuah gelanggang pemuda sebagai tempat berkumpul dan berbagi seluruh komunitas pemuda di daerah itu.

“Bagaimanapun juga pemuda, khususnya sejumlah komunitas yang tumbuh di daerah itu sudah membuktikan mereka bisa ikut berperan menjual pariwisata melalui kreativitas yang diunggah melalui berbagai media sosial dan media massa,” Demikian Syahbana.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment