PEMKAB KOTIM 

Lestarikan Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Wisata

Sampit,- Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi mengajak masyarakat untuk berperan dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal untuk menarik wisatawan luar berkunjung Kabupaten Kotim.

“Kalau bukan masyarakat asli daerah, lalu siapa lagi yang melestarikan budaya. Berbagai adat dan tradisi serta tari-tarian dimiliki daerah kita. Maka tugas kita melestarikan kepada generasi penerus,” kata Supian Hadi, baru-baru ini.

Ia juga menekankan kepada generasi muda yanga tertarik untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal. Bisa mengikuti kegiatan disanggar tari, ekstrakulikuler seni dan budaya di sekolah.

“Peran guru di sekolah juga sangat membantu dalam melestatikan budaya agar tetap selalu terjaga,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Daerah memiliki event tahunan untuk menujukan budaya dan kesenian daerh, melalui Festival Budaya Habaring Hurung.

“Kegiatan ini juga sebagai seleksi untuk mengikuti kejuaraan ditingkat provinsi, jadi selain untuk mempertahankan budaya dan kearifan. Pelestarian ini juga sebagai ajang prestasi dan unjuk bakat,” tungkasnya.

Bupati Kotim dua periode ini, berpesan dengan seiring perkembangan zaman saat ini, kebanyakkan budaya luar masuk ke Kabupaten Kotim.

“Budaya luar yang masuk memang tidak salah, tapi kebudayaan asli kita jangan sampai punah, terus lestarikan sebagai keunikkan wisata yang ada ditempat kita,” tutupnya.

BERITA TERKAIT