SUARA RAKYAT 

Peringati 10 Muharram, Warga Membuat Bubur Asyura

Sampit, – Dalam memperingati 10 Muharram 1440 Hijriah. Puluhan warga Jalan Ir. H Juanda Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, bergotong-royong membuat bubur asyura, Kamis (20/9/2018) siang.

“Pembuatan bubur ini bertepatan pada tanggal 10 Muharram yang mana jatuh pada hari ini dan pembuatan bubur asyura rutin dilakukan warga dalam setiap tahunnya,” kata Yunus warga setempat kepada wartawan.

Menurutnya, untuk yang memasak bubur asyura itu adalah laki-laki dan pembuatannya dicampur dengan 41 macam rempah-rempah, ayam dan daging. Setelah bubur masak, maka akan dibagikan ke tetangga atau mereka yang datang dengan membawa rantang.

“Buburnya masak kami makan bersama dan sebagian ada yang bagikan ke warga sekitar,” ungkapnya.

Lanjutnya, tradisi membuat dan makan bubur Asyura juga dilaksanakan beberapat tempat di Sampit. Seperti di Masjid Jami dan sejumlah permukiman warga. Meski tradisi ini sering dipolemikkan, namun masyarakat tetap melaksanakannya.

Masyarakat menilai banyak hal positif yang dapat diambil dari kegiatan itu. Sebagian masyarakat justru berpuasa pada hari Asyura dan bubur khas tersebut dijadikan sebagai sajian untuk makan saat berbuka puasa.

“Ini merupakan tradisi sejak nenek moyang dulu dan kami hanya melanjutkannya, banyak hal positif yang didapat dari tradisi ini, dan sebagian warga ada yang mengartikan tradisi itu sebagai simbol tolak bala,” Pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: