PEMKAB KOTIM 

Dukung Sektor Wisata, Partisipasi Semua Pihak Diperlukan

Sampit, – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia meluncurkan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona, di Halaman Museum Kayu Sampit, Selasa (18/9/2018). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung peningkatan kunjungan di sejumlah obyek wisata andalan.

Bupati Kotim H. Supian Hadi mengatakan salah satu implementasi gerakan sadar wisata tersebut adalah terciptanya Sapta Pesona Wisata yang meliputi, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.
“Masyarak juga sangat berperan penting, salah satunya menjaga keamanan dan kebersihan. Jangan sampai meninggalkan hal buruk kepada wisatawan,” kata Supian Hadi.

Menurutnya, gerakan sadar wisata penting dilakukan, karena kawasan wisata cukup luas dan sedangkan jumlah petugas wisata di masing-masing lokasi sangat terbatas. Maka dengan adanya gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona membuat masyarakat peduli kepada lingkungan.

“Partisipasi dari seluruh pihak sangat diperlukan, karena kalau lokasinya bersih, maka kunjungan juga ramai dan pedagang juga untung, Pemerintah sangat serius dalam sektor wisata, ketika wilayah utara sudah dimekarkan. Maka sektor ini menjadi unggulan Kotim,” ujarnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib H Said Ismail mengakui bahwa keberpihakkan pemerintah provinsi terhadap pengalokasian anggaran disektor pariwisata, masih kurang. Pasal, masih fokus dalam memperbaiki infrastruktur guna mendukung semua sektor.

“Namun yakin saja bahwa perhatian pemerintah terhadap pariwisata ditahun-tahun berikutnya pasti  besar. Tapi untuk di Kabupaten Kotim bantuan anggaran cukup besar karena ada program multiyear. Anggaran yang diberikan mencapai Rp40 miliar,” paparnya.

Dengan anggaran multiyears yang telah diberikan. Wagub berharap mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan pembangunan daeah.

Acara tersebut juga dihadiri oleh anggota Komisi X DPR RI  dapil  Kalteng, Asdy Narang dan Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementrian Pariwisata Joko Priyanto dan Ketua Komisi III DPRD Kotim Rimbun.

BERITA TERKAIT