DPRD KOTIM 

DPRD Ingatkan OPD Jangan Asal Buat Perencanaan APBD

Sampit,- DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mengingatkan kepada OPD setempat agar membuat perencanaan APBD ke depan tidak lagi asal dibuat, karena akan berdampak kepada serapan dari realisasi anggaran itu sendiri.

“Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengajukan anggaran berdasarkan perencanaan yang telah dibuat. Jika realisasi anggaran tersebut minim, maka perencanaan pasti akan tidak matang,” ujar Wakil Ketua DPRD Kotim Supriadi MT, baru-baru ini.

Supriadi menambahkan, apabila masih ada yang persentasenya di bawah standar sampai saat ini, artinya perencanaan OPD masih asal-asalan. Dengan mengajukan anggaran atas perencanaan, tapi realisasinya minim.

“Setiap realisasi APBD merupakan representatif dari OPD yang bersangkutan. Jika realisasi APBD suatu OPD rendah, maka kinerja di OPD tersebut bisa diukur, demikian juga sebaliknya,” ungkap Politisi Golkar ini.

Menurut dia, realisasi anggaran merupakan cerminan dari kinerja OPD. Tentu rendah atau tinggi realisasi anggarannya jadi penilaian. Bahkan Sekda setempat harus memberikan peringatan kepada OPD yang masih rendah realisasinya.

Dia berharap, apapun persoalannya harus menjadi pelajaran bagi pemerintah daerah. Meskipun saat ini dijalankan sebagian pegawai yang sama tidak ada alasan suatu program perencanaan tidak berjalan dengan matang . Hal ini juga bisa menjadi bahan evaluasi kedepan dalam memilih pejabat di OPD.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment