DPRD KOTIM 

Air Sungai Diduga Tercemar, Ini Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Sampit,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin timur Sanggul Luban Gaol mengatakan pihaknya bersama tim dari laboratorim yang disaksikan oleh perangkat desa sebabi dan sejumlah warga mengabil sampel air Sungai buluh Tiwung yang diduga titik terjadinya pencemaran.

“Kami sudah terima laporan hari selasai pagi laporan ada banyak ikan mati di DAS sungai Buluh tiwung yang merambas ke sungai seranau ,pagi jam 10 terima laporan jam 11 kami lngsung ke TKP untuk mengambil sampel air dimana ditemukannya banyak ikan yang mati tersebut,” ujar Sanggul L Gaol, dikonfirmasi awak media via telp (30/8/2018) di Sampit.

dia juga menjelaskan pengmbilan sampel air tidak sembarangan dilakukan ada tiga titik tempat pengbilan yaitu hulu sungai buluh tiwung ,tengh dan pelabuhan (hilir sungai) dan pembailan itupun dilakukan oleh petugas yang propesional yang memang sudah punya sertefikasi.

“Hanya orang laboratorium saja yang boleh ambil sampel untuk diuji lab karena mereka lebih paham aturan dan cara pembailannya sebab ini tidk bisa dianggap sepele sebab berkaitan dengan hukum jika salah pengambilan nanti akan sulit dipertanggung jawabkan jika sampai diranah persidangan,” jelas Sanggul.

Menurut nya sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan apa yang ada didalam kandungan air sungai tersebut dan apa penyebab ikan mati tersebut sebab hasil lab masih belum keluar.

”kita tidak tau apa hasil ya ditunggu saja yang ejlas kami sudah melakukannya sesuai prsedur saja dan kami tidak bisa menyebutkan apa penyebab ikan itu mati sebab kita perlu pembuktian yang kongrit,”‘tutur Sanggul.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment