SUARA RAKYAT 

Soal Pencemaran Lingkungan Anggota Dewan Diminta Turun Tangan

Sampit,- Warga Desa sebabi Kecamatan telawang Kabupaten Kotawaringin timur meminta para anggota dewan terutama komisi yang membidangi soal perncemaran likungan dan komisi yang membidangi soal pengawasan perkebunan kepala sawit. Agar untuk turun kelapangan guna melihat kondisi sungai sebabi yang diduga tercemar limbah pabrik milik salah satu PBS yang beroperasi wilayah setempat.

“Kami minta anggota dewan turun kepalangan sebab tim yang ada melakukan pengecekan tersebut belum jelas tindakannya terhadap nasib kami warga sekitar yang dirugikan,” Ujar Hendra warga desa sebabi kepada wartawan 28/8/2018 .

Menurutnya sejauh ini kondisi dilapangan tim kecamatan desa dan pospol memang sudah melakukan cek langsung dilapangan bersama perusahaan sekitar salah satu nya PT Sukajadi sawit mekar.

“kami memang melihat ada tim dan perusahaan yang sudah cek ke tkp ikan yang mati tersebut namun hasil nya kami belum tau apakah itu karena limbah pabrik atau bukan ya kami pun juga bersama kawan kawan di desa sebabi juga mengambil sampel berupa air sungai dan ikan yang mati itu untuk di uji laboratorium nanti,” tutur hendra

Sementara di konfrimasi Via telp menejemen PT Sukajadi sawit mekar (SSM ) melalui Rusli Salim atau yang akrab di sapa Atong mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah bersama tim dari desa sebabi pihak kecamatan dan anggota pospol dan TNI mengambil sampel air sungai seranau.

“Kami sudah ambil sampel air untuk di ujilaboratorium dan memang benar banyak ikan yang mati itu dari arah hulu sungai seranau ,ya kita tunggu hasil lap saja nanti dan serahkan ke pihak berwajib saja untuk menyelidikinya,” singkat Atong.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: