DPRD KOTIM 

Partisipasi Masyarakat Penting Dalam Penanganan Karhutla

Sampit,- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Hj. Darmawati mengatakan keberhasilan pemerintah dalam menangani dan mengantisipasi kebakaran lahan sangat ditentukan partisipasi masyarakat.

“Partisipasi masyarakat mutlak dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan dan dalam memadamkan lahan yang terbakar,” kata Sekertaris Komisi IV DPRD Kotim, Hj. Darmawati, di Sampit, Senin 27/8/2018.

Menurut dia, jika seluruh masyarakat mengambil tanggung jawab melakukan pencegahan kebakaran lahan maka dapat dipastikan kebakaran lahan yang berdampak pada terjadinya kabut asap dapat diminimalkan.

Karena, menurut dia, penyebab kebakaran lahan bukan saja karena faktor alam tetapi lebih pada ulah oknum masyarakat yang melakukan pembakaran lahan.

“Sedikit sekali lahan yang terbakar akibat faktor alam. Sebagian besar kebakaran diduga akibat kesengajaan masyarakat yang membakar lahan dengan alasan untuk melakukan membersihkan lahan,” kata politisi partai Golkar itu.

Untuk itu, paling tidak masyarakat dapat menjaga lahan di lingkungannya serta lahan miliknya agar tidak melakukan pembakaran lahan.

“Dan jika melihat orang yang dicurigai melakukan pembakaran untuk dapat segera dilakukan dikonfirmasi kepada yang bersangkutan. Jika sekiranya memiliki bukti yang kuat seperti video atau pun foto kejadian dapat dilaporkan kepada pihak berwajib,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat dapat segera melaporkan terjadinya kebakaran jika dirasa dapat merambat ke pemukiman.

Menurut dia, kebakaran lahan bukan menjadi permasalahan utama saat kemarau, tetapi lebih dari itu, kabut asap lah yang menjadi permasalahan masyarakat berikutnya.

“Jika kebakaran lahan yang dirugikan hanya segelintir warga, tetapi lebih jauh kebakaran menyebabkan kabut asap dan itulah yang dampaknya dirasakan seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Artinya, lanjut dia, kabut asaplah yang menjadi perhatian karena membahayakan kesehatan masyarakat.

“Tetapi karena itu merupakan kejadian berantai, maka pemerintah bersama masyarakat harus bersama-sama melakukan antisipasi dan pencegahan terhadap penyebab kabut asap,” katanya.

Ia pun menyakini jika seluruh pihak tegas dan aktif berpatisipasi mengantisipasi penyebab kebakaran, maka kabut asap pun dapat ditekan. Selain itu, oknum yang akan membakar lahan pun akan berfikir ulang.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment