DPRD KOTIM 

Penangan Air Bersih Harus Jadi Prioritas

Sampit,- Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Alexius Esliter Meminta kepada pemerintah daerah khsusnya perusahaan air minum daerah(PDAM) Kotim supaya cepat tanggap terhdap keluhan masyarakat terkait kekuarangan air bersih terutama di wilayah selatan kotim salah satunya kecamatan teluk sampit dan sekitarnya tersebut.

‘kemarau ini sebenarnya belum begitu parah tapi saat ini dampak sudah di rasakan oleh masyarakat terutama air bersih mestinya pihk pemerintah daerah sudah jauh hari melakukan antisifasi hal ini .”ujar Alexius

sudah bisa diprediksi . Setiap tahun selama enam bulan mengalami kekeringan. PDAM dan bak penampungan . Bahkan pipanya sudah tersedia anggaran yang digelantor kan untuk PDAM dari APBD cukup besar itu diakukan sudah sejak 2015 hingga 2018 ini artinya pihak penguna anggaran masih belum maksimal dalam penguna anggaran tersebut sehingga belum bisa dirasakan oleh rakayat banyak.

selain itu jika ada sumber air bagus pemerintah memfasilitasi sarana dan prasarana sehingga bisa dimanfaatkan.”banyak saja sumber air yang bagus yang bisa di kelola untuk warga sekitar mestinya pihak PDAM turun langsung kelapangan supaya tau entah seperti apa sistem pengolahannya itu bisa saja asalkan ada sumber air nya,” ungkap Alexius.

Dia juga menyimpulkan kebutuhan air bersih adalah prioritas yang harus ditangani. Usulan-usulan yang disampaikan warga pemda harus benr benar pemperhatikan dan meralisasikanya.Di samping akan membantu persoalan air bersih, alex meminta warga untuk melakukan penghijauan. Sebab, akar tanaman mampu membantu menyimpan air.

“kalau untuk wilayah selatan kotim kita memang sudah tau setiap kemarau pasti kesulitan air bersih karena dekat laut air disana berubah jadi asin dan untuk PDAM saya ingatkan untuk memproritaskan kecamatan diwilayah kotim itu supaya kedepanya tidak ada lagi muncul keluhn keluhan itu itu saja,” Demikian Alex.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment