DPRD KOTIM 

Kabut Asap Mulai Selimuti Kotim, Ini Imbauan bagi Dunia Pendidikan

Sampit – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai diselimuti kabut asap. Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Parimus menyarankan bagi dunia pendidikan agar mengurangi aktivitas diluar ruangan karena situasi udara yang mulai berkabut.

“Harus kurangi kegiatan belajar mengajar di luar ruangan, sebab beberapa hari terakhir ini kabut asap mulai menebal dan terasa mengganggu pernapasan,” kata Parimus, Rabu (22/8/2018)

Menurut dia, kalau memang sudah dikategorikan udara tidak sehat maka untuk kegiatan di luar ruangan hendaknya bisa diminimalisasi untuk mencegah dampak dari udara yang tercemar tersebut.

Parimus menyebutkan, bencana asap mulai menghampiri masyarakat Kotim krena mulai banyaknya lahan yang terbakar. Lahan itu ada yang sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Menurutnya, pencemaran udara melalui asap kebakaran hutan dan lahan ini sangat merugikan. Dampaknya tidak hanya kepada satu sektor saja tetapi segala lini.

Di antaranya sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, pembangunan daerah dan lain sebagainya yang kena imbas jika kondisi asap ini kian memburuk. Kerugian itu ditanggung oleh ratusan ribu jiwa penduduk Kotim.

“Maka dari itu, kami mengapresiasi kerja keras dari pihak tim penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk terlibat dalam pencegahan dan pemadaman di sekitar tempat tinggalnya. Sehingga pencegahan itu jangan hanya mengandalkan tim atau pihak TNI dan Polri saja, masyarakat juga harus peduli dengan daerah sekitarnya dalam mengantisipasi kebakaran lahan.

sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/101916-kabut-asap-mulai-selimuti-kotim-ini-imbauan-bagi-dunia-pendidikan

BERITA TERKAIT

Leave a Comment