DPRD KOTIM 

28 Tahun Diusulkan, Akhirnya Jembatan Penghubung Desa Ramban Rampung Dibangun

Sampit,- Setelah lebih dari duapuluh delapan tahun diusulkan masyarakat, pembangunan jembatan senilai Rp. 16 miliar penghubung antara tiga Desa di Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur akhirnya rampung dibangun.

Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT dikonfirmasi Senin (6/7/2018) mengungkapkan keinginan masyarakat terhadap pembangunan jembatan sungai ramban tersebut dimulai sejak tahun 1990-an, bahkan usulan tersebut sudah masuk program Musrenbang sampai belasan kali.

Akan tetapi karena terbentur anggaran pemerintah yang terbatas, proses pembangunannya terus ditunda. ditahun 2013 lalu pembangunan mulai dikerjakan melalui anggaran APBD, sehingga tepat di tahun 2018 ini jembatan akhirnya rampung dibangun.

Dikatakannya, untuk membangun badan jembatan, pagu anggaran yang disiapkan Pemkab Kotim mencapai Rp 16 miliar. Adapun panjang badan jembatan yang dibangun sekitar 90 meter dengan lebar sekitar 10 meter.

Supriadi juga mengatakan keberadaan jembatan penghubung itu sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempersingkat jarak tempuh dari dua desa yang berseberangan dengan desa ramban.

Selama ini masyarakat di Desa yang ingin menuju ke puskesmas rawat inap maupun pasar yang ada di kecamatan teluk sampit terpaksa harus melalui jalur sungai memutar dengan jarak yang cukup jauh hingga belasan.“Warga sangat membutuhkan jembatan permanen itu untuk memperpendek akses menggunakan kendaraan,” terangnya.

Tak hanya itu, keberadaan jembatan tersebut, juga turut membantu akses pertanian seluas 1400 ha kemudian menjadi akses pariwisata pasir putih. Sebab selama ini ada destenasi wista jalur tersebut sering dilintasi wisatawan tetapi terkendala infrakstruktur.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: