DPRD KOTIM 

40 Ribu Warga Kotim Belum Rekam E-KTP, Ganti Saja Kadis dan Jajarannya

Sampit,- Hingga bulam juli tahun 2018 ini, sedikitnya tercatat masih ada sekitar 40 ribu warga Kabupaten Kotawaringin Timur yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Padahal, kepemilikan kartu identitas itu merupakan satu syarat mutlak bagi masyarakat untuk mencari pekerjaan.

Menanggapi persoalan itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Supriadi, MT berharap kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotim agar segera menuntaskan proses perekaman dan pencetakan KTP Elektronik tesebut.

“Melalui rapat dengar pendapat (RDP) kami sudah meminta kepada pemerintah daerah agar mendorong Disdukcapil untuk membagun sistim kerjasama dengan kecamatan dan desa agar perekaman dapat terintegrasi bisa menghasilkan kinerja yang efisien efektif dan maksimal,” kata Supriadi, Selasa (3/7/2018) di Sampit.

Menurutnya, dalam hal ini Disdukcapil juga perlu di evaluasi menyeluruh baik secara kelembagaan maupun struktural, itu penting dilakukan agar menempatan orang-orang yang mampu menyelesaikan persoalan yang ada bukan sebaliknya menambah persoalan.

“Evaluasi itu penting dilakukan jika dirasa Kadis dan jajarannya saat ini tidak mampu menyelesaikan persoalan yang ada, karena jika tidak cepat diselesaikan maka siapa yang menjamin masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu yang akan datang,” tegas Supriadi.

Ditambahkan Ketua DPD Golkar Kotim ini juga, jika persoalan perekaman E-KTP ini juga tidak selesai sampai dengan menjelang pemilu legislatif mendatang maka Pemkab Kotim harus menjamin hak pilih masyarakat tidak hilang,” Demikian Supriadi.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment