DPRD KOTIM 

Legislator : Keselamatan dan Keamanan Pemudik Harus Terjamin

Sampit,- Wakil Ketua DPRD Kotim, Parimus SE meminta pemerintah benar-benar mempersiapkan pelayanan publik pada musim mudik Lebaran 2018. Menurutnya, keselamatan dan keamanan pemudik harus menjadi prioritas.

Parimus mengatakan, salah satu kunci penting dalam penyelenggaraan mudik ada di Dinas Perhubungan (Dishub). oleh sebab itu Legislator Partai Demokrat itu mendorong Dishub benar-benar mempersiapkan sarana mudik dan memastikannya kelayakannya.

“Agar Dishub melakukan pengecekan kelayakan transportasi baik darat, laut, maupun udara dan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan transportasi umum saat arus mudik lebaran serta kesediaan saftey equipment (perlengkapan keamanan) di dalam setiap transportasi umum,” ujar Parimus, Rabu (6/5/2018).

Legislator Dapil IV itu juga mendorong Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) benar-benar memastikan kesiapan dan kelayakan infrastruktur bagi pemudik. “Lakukan pengecekan kelayakan jalan dan penempatan rambu serta marka jalan yang akan dilalui oleh pemudik,” ujarnya.

Sedangkan terkait persoalan keamanan saat musim mudik, Parimus juga meminta Polri meningkatkan pengamanan dengan memperbanyak penempatan personel di lokasi rawan macet. “Serta menempatkan intelijen kepolisian di setiap titik-titik rawan kejahatan,” katanya.

Selain itu ia juga mengharapkan lingkungan masyarakat yang sepi karena para penghuninya mudik bisa tetap aman. “Menghimbau kepada masyarakat untuk berkoordinasi dengan aparat setempat, seperti RT/RW untuk keselamatan lingkungan,” Demikian Parimus.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment