DPRD KOTIM 

Dishub Diminta Awasi Kendaraan Pribadi Yang Berubah Jadi Angkutan Umum Selama Lebaran

Sampit, – Menjelang arus mudik Lebaran 2018, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk segera melakukan persiapan pengawasan terutama terhadap angkutan pribadi yang beralih menjadi angkutan umum selama mudik lebaran.

Anggota Komisi IV DPRD Kotim, mengungkapkan, Dishub sebaiknya melakukan pengawasan ketat terhadap angkutan pribadi yang beralih menjadi angkutan umum.

“Hal itu perlu dilakukan demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang mudik dengan menggunakan angkutan umum, selain untuk kenyamanan para pemudik juga paling utama untuk keselamatan pemudik itu sendiri,” kata Hari Panca, Selasa (5/6/2018) di Sampit.

Ia menyebut, angkutan umum telah diatur oleh regulasi yang jelas. Sementara jika angkutan pribadi yang kemudian beralih menjadi angkutan umum tidak memiliki aturan, sehingga terindikasi beroperasi secara ilegal.

“Kami minta Dishub, Satlantas Polres Kotawaringin Timur, dan tentunya Petugas Terminal bisa mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi. Apalagi ini sudah mendekat H-10 lebaran,” jelas legislatif fraksi Hanura ini.

Keselamatan penumpang menurut Hari Panca adalah hal yang utama. Oleh sebab itu, seluruh stakeholder terkait harus saling bersinergi dalam pengawasannya. Selain itu, ia juga mengimbau bagi para perusahaan angkutan umum untuk tak sembarangan mengambil penumpang di jalan.

Pokoknya tidak boleh lagi ambil penumpang di jalan ataupun di perwakilannya, semua harus di terminal, jangan sampai moment lebaran justru menjadi masalah untuk para pemudik, ingat keluarga menunggu dikampung halaman,” tegasnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment