DPRD KOTIM 

Legislator Imbau Jangan Main Petasan Sembarangan

Sampit,- Anggota DPRD Kotawaringin Timut Jainudin Karim mengimbau, selama suasana Ramadan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri agar masyarakat tidak main petasan di sembarang tempat.

“Bukan hanya bagi masyarakat yang tengah melaksanakan ibadah puasa, tetapi juga bagi masyarakat non muslim juga pasti akan terganggu mendengar bunyi petasan,” katanya, Rabu (23/5/2018).

Karim mengatakan, bila masyarakat mengerti akan gangguan membunyikan petasan tentu akan memperkuat nilai toleransi di tengah lingkungan mereka.

Kalau pun mereka membunyikan petasan, maka diminta tidak membunyikannya di sembarang tempat, apalagi dekat rumah ibadah.

“Meminta aparat kepolisian maupun Satpol PP juga melakukan pengawasan terhadap para penjual petasan, serta menindak tegas apabila ada penjual yang menjual mercon,” katanya.

Tidak hanya itu, Politisi Gerindra ini juga meminta orangtua agar bisa memberikan penjelasan bagi anaknya tentang bahaya maupun gangguan yang dihasilkan oleh petasan.

“Jangan sampai para orangtua yang mendorong anaknya dalam memainkan petasan, tentu ini sudah salah dalam hal mendidik mereka,” tegasnya.

Ditambahkannya, selain suaranya yang berisik petasan juga salah satu penyebab kebakaran yang sulit diantisipasi mengingat percikan api yang dihasilkan peledak berkuatan ringan itu seringkali terpencar kesemua tempat setelah dibakar.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment