DPRD KOTIM 

Rimbun ST : Legislatif Bicara, Eksekutif Bekerja, Jangan Dibolak-Balik

Sampit,- Salah satu kerja anggota Legislatif adalah menyuarakan kepentingan masyarakat yang diwakilinya, berbeda dengan eksekutif yang memang digaji oleh Negara untuk bekerja.

“Jadi Legislatif itu memang untuk bicara, menyuarakan apa saja kepentingan masyarakat, sedangkan eksekutif bekerja, jangan dibalik-balik,”ujar Ketua Komisi III DPRD Kotim Rimbun ST pada rapat kerja DPRD dan Pemkab Kotim diskusi “Membahas Dana Corporate Social Responbility (CSR)”, Selasa, (17/4/2018).

Dalam paparannya Rimbun mengatakan anggota legislatif digaji memang untuk bicara, sehingga ada yang namanya tunjangan komunikasi. Ia mengingatkan loyalitas anggota dewan itu kepada konstituen atau masyarakat daerah pemilihannya masing-masing.

“Makanya apa yang kami lakukan hari ini dengan bicara dalam forum rapat resmi maupun yang telah diungkap ke Media masa adalah juga bagian dari pertanggungjawaban kepada masyarakat, jadi jangan beranggapan kami tidak bekerja dan hanya bisa bicara saja,”ujar Rimbun.

Selain itu Rimbun juga menjelaskan tugas dan fungsi legislatif lainya yaitu mengontrol suatu proses birokrasi maupun hukum itu adalah tugas politisi terutama anggota dewan. kami digaji rakyat memang untuk itu,” jelasnya.

Dewan, tambah dia, menyampaikan apa yang tidak bisa disampaikan pihak lain dalam hal ini masyarakat, yang tidak seterbuka dan seberani anggota Dewan.

“Dewan memiliki hak dalam melaksanakan tugasnya ngomong apa saja boleh, karena itu mandat yang diberikan konstitusi kepada anggota dewan, jadi mengkritisi pemerintah, mengkritisi pelaksanaan hukum adalah bagian dari tugas anggota dewan, dalam hal ini kalau kita disebut politisi,” tegasnya.

Politisi Partai PDI Perjuangan itu justru meminta koleganya di Dewan tak berhenti mengkritisi. “Kalau ada yang tidak benar kita tetap harus membongkar sebisa-bisanya,” Demikian Rimbun.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment