DPRD KOTIM 

Kualitas SDM Guru Harus di Tingkatkan

Sampit, – Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Syahbana meminta pemerintah daerah meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) guru.

“Dengan SDM yang mumpuni seorang guru, ilmu pendidikan yang didapatkan anak didik disekolah pun menjadi berkualitas,” kata Syabana, Kamis (8/2/2018) di Sampit.

Legislator asal dapil IV ini mengatakan, guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru.

Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya seperti tercantum dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru .

Dalam UU tersebut, lanjut dia, ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial.

Menurutnya, mentalitas guru harus mencerminkan tingginya kreatifitas dan berdaya cipta ditunjang sikap-sikap profesional yang mengedepankan kualitas kerja.

Ketidakmampuan dalam mengelola stamina mental akan berakibat tumbuhnya sikap apatis yang berujung menurunya kinerja. Hal tersebut tentu sangat merugikan anak didik.

Karenanya lanjut dia, membangun pendidikan anak ibarat orang tua yang menanamkan investasi jangka panjang. Hasilnya tidak didapatkan pada hari itu juga. Tapi akan diperoleh kemudian harinya dengan hasil yang jauh lebih besar.

“Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah,” ucap dia.

Ia menambahkan, tunjukkanlah sikap tidak pernah mengeluh kendatipun bertugas di daerah terpencil. Karena hal tersebut merupakan pengabdian secara tulus kepada masyarakat.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment