DPRD KOTIM 

Pemkab Kotim Diminta Maksimalkan Sektor Perikanan

Sampit,- Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Kalteng Rudianur meminta pemerintah daerah setempat untuk lebih maksimal mengelola sektor perikanan dan kelautan.

“Jika potensi ini dikelola dengan baik maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan,” katanya di Sampit, Selasa (29/1/2019).

Potensi perikanan dari danau, sungai, dan laut di wilayah Kotawaringin Timur sangat besar, bahkan bisa mensejahterakan nelayan, namun sayangnya potensi itu belum tergarap dengan maksimal oleh pemerintah daerah.

Menurut Rudianur, hasil laut bisa dimanfaatkan nelayan untuk mendukung kesejahteraan bila dikelola dengan baik dan modern serta didukung pemerintah daerah melalui kebijakan yang pro nelayan.

“Wilayah perairan Kotawaringin Timur cukup luas dan tidak hanya di laut saja, tapi juga di sungai dan danau yang berpotensi menghasilkan sumber daya perikanan,” katanya.

Belum dimanfaatkannya secara maksimal potensi perikanan oleh masyarakat karena kurang mendapat dukungan dari pemerintah daerah, sehingga terkesan mubazir.

“Produksi ikan tidak maksimal bukan karena pencurian yang dilakukan dari orang luar, tapi justru minimnya sarana penunjang bagi nelayan untuk melakukan kegiatan,” ucapnya.

Rudianur minta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan infrastruktur penunjang nelayan agar nelayan lebih mudah melakukan kegiatannya.

Selain pelabuhan tempat penjualan ikan di daerah yang berdekatan dengan laut, nelayan juga perlu ditunjang dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang cukup. Karena nelayan tidak bisa melaut kalau mereka kesulitan mendapatkan BBM subsidi.

“Kita berharap kedepan pemerintah daerah bisa lebih serius menangani sektor perikanan dan kelautan supaya nelayan kita bisa lebih sejahtera,” demikian Rudianur.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment