PEMKAB KOTIM 

Jumlah Kursi Tetap 40, Draft Alokasi Kursi Ada Penambahan dan Pengurangan

Sampit, – Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur kembali mengelar rapat penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi, hal ini sangat penting dilakukan agar dapat memantapkan para partai politik sebagai kontestan pemilu menghadapi pemilihan serentak pada 2019 mendatang.

Kegitan tersebut di laksanakan pada Kamis (21/12) di salah satu hotel di Kota Sampit dan dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kotim Sahlin dan dihadiri sejumlah perwakilan dari 17 kecamatan dan partai politik yang ada di kabupaten kotim.

“Kegiatan ini sebelumnya sudah kita laksanakan pada seminggu yang lalu dan ini juga merupakan rangkaian pelaksanaan sebelumnya,” ucap Anggota KPU Kotim Benny Setia.

Benny juga mengatakan kegitan ini dilakukan untuk memantapkan lagi dan pihaknya mengundang pihak kecamatan pasalnua ada info penting yang akan disampaikan oleh KPU mengingat saat ini sudah memasuki tahapan pileg dan pilpres. Dia juga memprediksi alokasi kursi DPRD setempat saat pemilu legislatif tahun 2019 nanti tidak ada penambahan yakni tetap 40 kursi.

“Saat ini penamabahan jumlah penduduk Kotawaringin Timur saat ini belum mencapai batas yang memenuhi syarat untuk penambahan kursi. Jadi kami perkirakan masih tetap 40 kursi,” katanya.

Saat ini jumlah penduduk yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur, pada semester pertama 2017 sebanyak 408.029 jiwa. Jumlah tersebut menjadi acuan dalam membuat kebijakan di daerah. Aturan menyebutkan, jumlah kursi di DPRD kabupaten/kota, paling sedikit 20 kursi dan paling banyak 55 kursi. Sedangkan alokasi kursi yang diperebutkan untuk setiap daerah pemilihan paling sedikit 3 kursi dan paling banyak 12 kursi.

“Bagi daerah yang jumlah penduduknya antara 400.001 sampai dengan 500.000 jiwa, maka mendapat alokasi sebanyak 40 kursi. Sedangkan kabupaten Kotim jumlah penduduknya lebih dari yang ditentukan sehingga mendapakan 40 kursi,”terang Benny.

Dia juga menambahkan Draft penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Kotim pada pemilu serentak tahun 2019 nanti adalah untuk dapil 1 ada 7 kursi, dapil II 10 kursi, dapil III 8 kursi, dapil IV 7 kursi dan dapil V 8 kursi.

“Draft alokasi kursi sedikit berubah ada penambahan dan ada pengurangan dibeberapa dapil dan untuk memperoleh satu kursi, harus mendapatkan sekitar 10.200 suara.dan seperti itu gambarannya agar partai politik dan bakal calon anggota legislatif bisa mengetahui dan mempersiapkan dirinya,”pungkasnya

BERITA TERKAIT