PEMKAB KOTIM 

​​Kades Dibekali Wawasan Dan Pengetahuan Tentang Desa

Sampit,- Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kotim, Redy Setiawan mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan pada Rabu (20/12) kemarin dalam rangka menjalankan amanat Permendagri tentang pengangkatan dan penghentian kepala desa (Kades), karena kades yang baru dilantik wajib mengikuti latihan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten.

“Sosialisasi kemarin bertujuan agar kepala desa memiliki wawasan dan pengetahuan tentang desa terlebih lagi kepala desa tang baru dilantik,” sampai Redy, saat dikonfirmasi Kamis (21/12).

Dirinya juga mengatakan sosialisasi kemarin itu membahas antara lain Perbup dan Perda tentang Badan Permusyarawatan Desa (BPD) di mana kegiatan itu diikuti oleh 168 kades, sekdes, kasi pemerintahan dan PMD, tenaga ahli dan tenaga pendamping desa, serta BPD.

“Dan materi yang dibahas dalam sosialisasi itu menyangkut anggaran dana desa, alokasi dana desa, peraturan bupati tentang struktur organisasi dan tata kerja desa, serta peraturan bupati tentang BPD,” terangnya.

Redy juga mengatakan nara sumber dari Polres Kotim untuk membimbing dan membina kepala desa agar berperan serta menjaga Babinkamtibmas, sementara dari Kajari Kotim memaparkan cara-cara menghindari pelaksanaan pembangunan agar tidak terjerat dalam tindak pidana korupsi.

“Saya meminta agar para kades dan perangkat desa tidak perlu takut selama melaksanakan tugas mereka sesuai koridor yang ada terutama dalam mengelola dana desa maupun alokasi dana desa. Ini penting sosialisasi itu agar dalam menjalankan roda pemerintahan desa tidak menjerumuskan mereka sendiri ke ranah hukum,”Pungkasnya.

BERITA TERKAIT