DPRD KOTIM 

Tenaga Kesehatan Masih Minim di Desa

Keterangan Foto – Sekretaris Komisi I DPRD Kotim, Hj. Salasiah saat melaksanakan kegiatan reses di daerah pemilihan (Dapil) I Kabupaten Kotawaringin Timur.(Ist)

Sampit, – Jumlah tenaga kesehatan di empat kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur masih minim. Hal itu diketahui dari hasil kegiatan reses/penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan sejumlah  anggota dewan daerah pemilihan (Dapil) I selama dua hari terakhir.

“Hasil reses kami di tiga kecamatan khususnya yang berada di daerah selatan Kotim, desa-desa terpencil masih minim tenaga kesehatan ada pustu nya tapi tidak ada tenaga medis nya,” ujar Sekretaris Komisi I DPRD Kotim, Hj. Salasiah, Senin (28/8)  disampit.

Ia menerangkan, sebagian besar aspirasi yang disampaikan masyarakat saat kegiatan reses tersebut adalah persoalan tenaga kesehatanselain itu persoalan lainnya,  terkait dengan ketersediaan sarana dan prasana untuk tenaga pendidik (guru) yang bertugas di desa.

“Pemerintah daerah diharapkan mampu mencarikan solusi permasalahan terkait dengan minimnya hal-hal tersebut. Untuk tenaga kesehatan selain kurang juga tidak menyebar secara merata di setiap desa dan kecamatan,” ungkap.

Menurutnya, perbaikan dan peningkatan tenaga pendidik dan kesehatan serta penunjang lainnya perlu ditegaskan kembali sesuai komitmen pemerintah dalam melayani dua bidang tersebut.

“Selain itu untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua masyarakat agar mendapatkan pelayanan pendidikan maupun pelayanan kesehatan secara optimal,” terang Politisi PPP.

Ia meminta pemerintah menghadirkan solusi atas minimnya jumlah tenaga kesehatan dan terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana untuk tenaga pendidik, seperti hal nya perumahan yang layak huni untuk guru-guru dipedalaman.

Untuk diketahui saat ini sedikitnya terdapat empat kecamatan yang ada di daerah selatan kabupaten kotawaringin timur saat ini khususnya daerah pemilihan dapil I, empat kecamatan tersebut diantaranya kecamatan mentaya hilir utara, mentaya hilir selatan, pulau hanaut dan teluk sampit

BERITA TERKAIT

Leave a Comment