DPRD KOTIM 

Satu Hari Diguyur Hujan, Tiga Desa di Kecamatan Terendam Banjir

Sampit, – Sejumlah desa di wilayah hulu Kabupaten kotawaringin timur mulai banjir diantarnya kecamatan antang kalang desa antang kalang, desa selucing dan desa koling. Debit air sudah naik sejak Senin malam (7/8) kemarin hingga mencapai 30 cm dari perkarangan rumah warga.

Warga desa antang kalang, Harry mengatakan sejak senin sore hingga malam hari hujan deras sehingga membuat debit air semakin bertambah dan mengakibatkan sejumlah rumah terdendam air.

“Perkarangan rumah sudah sejak tadi malam terendam air mungkin jika hujan lagi tidak menutupn kemungkinan akan membanjiri hingga kedalam rumah,” ujar harry Selasa (8/8).

Hal senada juga di ungkapkan warga desa koling, Dedy Setiawan mengatakan di desa mereka saat ini sudah puluhan rumah terancam tergenang air banjir dari daerah perhuluan,”jika hujan lagi maka kami terpaksa mengungsi ke dataran yang lebih tinggi yang jauh dari kampong kami,” katanya.

Sementara itu Anggota DPRD Komisi III DPRD Kotim, Sutik meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, melalui Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kotim, untuk memantau lokasi banjir guna memastikan kondisi kesehatan masyarakat di tiga itu.

“BPBD harus segera turun kelapangan untuk mengecek lokasi titik banjir, untuk mengetahui pasti jumlah rumah tergenang banjir sehingga bisa disalurkan bantuan yang sudah seharusnya diterima masyarakat,” kata Sutik.

Politisi Gerindra ini juga mengatakan, daerah perhuluan di Kabupaten Kotawaringin Timur memang santer menjadi langganan banjir terlebih saat musim penghujan, karena faktor kondisi geografis disana merupakan dataran rendah.

Meski demikian ditambahkannya, Pemkab Kotim melalui instansi teknisnya harus tetap tanggap ketika masyarakat mengalami musibah maka keberadaaan pemerintah daerah harus ada ditengah-tengah untuk membantu dan mencari solusi kedepannya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment