DPRD KOTIM 

6 Fraksi DPRD Setujui Raperda LKPJ Pelaksanaan APBD 2016

Keterangan Foto – Juru bicara Fraksi Kebangkitan Hati Nurani (PKB dan Hanura), Rambat saat menyerahkan pendapat akhir fraksi terhadap LKPJ Bupati Kotim, tahun 2016, Kepada pimpinan sidang.(Setwan)

Sampit,- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 mendapat persetujuan dari semua fraksi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda).

Hal itu seperti yang dikatakan salah satu juru bicara Fraksi Partai Amanat Nasional Demokrat (PAN dan Nasdem) Roy Lumban Gaul, saat penyampaian pendapat akhir fraksi dalam rapat paripurna, Senin (31/7) pagi.

“Setelah mengikuti rangkaian kegiatan pembahasan dan mempelajari terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2016, maka dengan ini kami dari Fraksi PAN dan Nasdem DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur menyetujui untuk disahkan menjadi Perda Kabupaten Kotim, dan dievaluasi oleh Gubernur Kalteng,” ujar Roy.

Ditemui terpisah, Fraksi Gerindra melalui jubirnya Sutik juga menyampaikan hal senada. “Setelah melalui tahap demi tahap, dengan memperhatikan dan mempelajari Raperda yang telah disampaikan Bupati Kotim, serta memperhatikan laporan hasil rapat Banggar dengan TPAD Kabupaten Kotawaringin Timur, maka Fraksi Gerindra berkesimpulan dapat menerima dan menyetujui Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2016 menjadi Perda,” ucapnya.

Namun sebelumya, sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V itu, karena laporan keuangan tahun anggaran 2016 Pemkab Kotim mendapat penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng. Pihaknya berharap agar opini tersebut dapat dipertahankan.

“Kami dari Fraksi Gerindra menyarankan kepada pemerintah melalui OPD masing-masing dapat mempertahankan prestasi kinerja yang telah dicapai, meningkatkan disiplin etos kerja, dan memperbaiki hal-hal yang dapat mengganggu opini WTP, terutama dalam pengelolaan dan pencatatan aset,” ungkap Sutik.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Parimus mengapresiasi bupati dan wakil bupati beserta jajarannya dalam mengelola laporan keuangan daerah yang sangat baik.

”Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” ungkapnya kepada wartawan usai memimpin rapat Paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi.

Ditambahkannya, persetujuan dari seluruh fraksi di DPRD Kotim ini akan dituangkan dalam penandatanganan keputusan persetujuan bersama terhadap raperda tersebut dalam sidang paripurna selanjutnya yang akan digelar hari ini senin (31/7).”demikian parimus.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment