DPRD KOTIM 

Pilkades Serentak Rawan Money Politik 

Sampit,- Pilkades serentak yang sebentar lagi akan masuk tahap pencbolosan untuk memilih Kepala Desa di 79 desa se Kotawaringin Timur (Kotim) ini berpotensi pada praktik-prkatik culas,baik praktik Money Politik (politik uang) dan bahkan praktik perjudian oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan isu ini sudah semakin berkembang pesar saat ini, dimana sebagian besar wilayah Kabupaten di Negara Indonesia ini sedang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2017, tidak terkecuali Kabupaten Kotawaringin Timur,Provinsi Kalimantan Tengah juga ikut melaksanakan Pilkades serentak.

Namun sangat disayangkan hingga sampai saat ini, pelaksanaan Pilkades serentak mulai dari tahap penjaringan bakal calon sampai masuk tahapan seleksi berkas, hingga masuk tahap akhir penetapan calon, kegiatan pilkades serentak di Kabupaten Kotim ini masih tergolong minim terpantau.

Menanggapi hal tersebut PLT Setda Kabupaten Kotawaringin Timur, Halikinoor menegaskan agar semua pihak saling bekerja sama dalam menyukseskan pilkades serentak tersebut.” Kalau memang ada informasi hal yang demikian bisa segera melaporkan kepada kita,atau ke pihak kepolisian,” ungkap Halikin yang juga menjabat Ketua Panpilkab Jumat (38/7).

Selain itu Halikin mengingatkan kepada seluruh Panpilkades,maupun Balon Kades yang mana saat ini sudah masuk tahap seleksi akhir tersebut untuk tidak melakukan praktik politik uang,bahkan dia meminta masyarakat memantau seitap desa masing-masing agar tidak terjadi pelanggaran hukum dalam pelaksanaan pilkades serentak nantinya.

“Kita mengharapkan agar pilkades serentak perdana ini semuanya berjalan dengan lancar,aman dan terkendali,intinya pihak panitia,Bakal Calon yang sebentar lagi di tetapkan jadi Calon Kades, dan masyarakat Kotawaringin Timur ini pada umumnya sama-sama menjaga,jangan sampai ada pelanggaran hukum,”tegasnya.

Terpisah Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar Sik dikonfirmasi terkait pengawasan dan persiapan pengamanan pelaksanaan pilkades serentak di Kotim ini, belum bisa memberikan komentar resminya berkaitan dengan seperti apa langkah pihak kepolisian dalam menyukseskan Pilkades di 16 kecamatan yang di ikuti 79 desa tersebut.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment