PEMKAB KOTIM 

Pelantikan Pejabat SKPD Dipastikan Bulan Depan

Ilustrasi-net

Sampit, – Dipastikan, bulan Agustus 2017, ratusan pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kotawaringin Timur siap dilantik. Pejabat yang dilantik untuk menduduki eselon II dan eselon IV.

Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur, Halikinoor, Senin (24/7) memastikan akan dilakukan pelantikan dan pengukuhan pejabat tersebut dibulan depan karena sebelumnya sempat dilakukan penundaan.

Halikinoor menjelaskan, pelantikan dan pengesahan pejabat untuk seluruh eselon akan dilaksanakan pada bulan agustus 2017,“Memang benar akan dilakukan pelantikan secara besar-besaran. Itu dilakukan bulan depan untuk eselon II dan IV pada bulan agustus,” sebut Halikinoor.

Dia mengatakan, pelantikan tersebut karena adanya perubahan nomenklatur, di mana dinas atau SKPD menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena itu tambah Ketua Tim Audit Perijinan ini, ada beberapa SKPD akan dilebur atau marger dengan SKPD lain, sehingga menjadi berkurang.

Dia menjelaskan, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016, ada sejumlah satuan kerja perangkat daerah yang sebagian maupun seluruh kewenangannya dialihkan kepada pemerintah provinsi. Salah satunya adalah Dinas Pertambangan dan Energi, pengelolaan SMA sederajat dan lainnya.

Ada pula bidang yang digabung ke satuan kerja perangkat daerah lainnya, ada bidang yang dipisah dan berdiri sendiri serta ada pula satuan kerja yang naik kelas. Secara umum, jumlah satuan kerja perangkat daerah di Kotawaringin Timur diperkirakan akan bertambah.

“Nanti akan terlihat secara rinci berapa jumlah SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dan apa-apa saja bidangnya. Nanti akan kami sampaikan,” tutup Halikinoor.

Sementara itu Aggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) M Shaleh meminta pelantikan pejabat di lingkungan pemerintah daerah setempat agar bisa segera dilakukan.

“Mengingat penyesuaikan Perda SOPD beberapa waktu lalu, agar bisa segera dilakukan dan saat pembahasan APBD Perubahan seluruhnya bisa hadir” kata Shaleh dalam rapat pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Bupati Kotim 2016, Senin (24/7).

Pertimbangan lain juga menurut Shaleh supaya saat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan 2017 dan Murni 2018 semua kepala SOPD hadir.

Tidak seperti pada saat pembahasan LKPJ banyak kepala SOPD yang tidak hadir, hanya diwakilkan oleh Kabag atau Sekretaris saja, bukan tidak menghargai Kabag atau Sekretaris harusnya hadir Kepala SOPD nya karena undangannya sudah jelas untuk Kadis,” Demikian Shaleh.

BERITA TERKAIT