DPRD KOTIM 

Panita Pilkades diminta Profesional dan Bersikap Netral

ilustrasi-net

Sampit, – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo meminta kepada seluruh panitia pilkades di 79 desa yang melaksanakan Pilkades serentak diharapkan supaya bekerja secara propesional dan netral jangan sampai memihak kepada salah satu calon yang akhirnya akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat.

“Kami minta Panita Pilkades yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak ini supaya bisa bekerja secara Profesional dan Netral jangan sampai memihak kepada salah satu calon yang akhirnya menimbulkan permasalahan dikemudian hari,”ujar Handoyo akhir pekan kemarin.

Handoyo juga mengingatkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada tanggal 21 oktober mendatang seluruh panitia pelaksana Pilkades serentak di semua tingkatan, untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh rasa tanggungjawab, harus sesuai ketentuan peraturan Perundangan-undangan.

“Apapun alasannya, panitia pelaksana Pilkades di semua tingkatan tidak dibenarkan membuat kebijakan atau kesepakatan sendiri. Semua harus mengikuti pedoman atau aturan yang sudah ditetapkan,” tegasnya

Handoyo berharap, seluruh calon Kades beserta tim sukses dan pendukungnya benar-benar mematuhi ketentuan pada masa tenang tersebut. Tidak melakukan aktivitas politik dalam bentuk apapun.

“Masing-masing camat dan para Kades/Pejabat di desa-desa yang melaksanakan pilkades serentak, agar dapat memastikan tidak ada lagi kampanye hitam  yang dilakukan para calon maupun tim suksesnya dan pendukungnya dalam bentuk apapun,”ujarnya.

Kemudian, agar seluruh warga di masing-masing desa yang mempunyai hak pilih, benar-benar berpartisipasi aktif menggunakan haknya, diminta kepada seluruh camat beserta pejabat Kades di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak, untuk melibatkan tokoh agama maupun pemuka masyarakat melakukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan hak pilihnya.

“Kami harap mulai dari tahap penjaringan ini hingga nanti pelaksanaan nya bisa berjalan lancer dan panitia pun diminta untuk netral hingga [pilkades ini selesai,”tandas Handoyo

BERITA TERKAIT

Leave a Comment