DPRD KOTIM 

Awas Truk Muatan Berlebihan Bisa Bunuh Orang

Keterangan Foto – Tampak sebuah truk melintas dijalan Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Desa bagendang dengan muatan berlebihan membahayakan pengguna jalan yang melintas dan berpotensi merusak jalan.(Ist)

Sampit, – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rudianur meminta pihak terkait seperti Dinas Perhubungan dan Satuaan Lalulintas Polres Kotawaringin Timur berkoordinasi untuk menertibkan truk bermuatan over kafasitas yang melalui jalan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Desa bagendang.

“Kita minta pihak terkait harus saling berkoordinasi. Kemudian segera menertibkan truk yang membawa barang melebihi kafasitas atau melanggar ketentuan tentang muatan,” katanya  disampit, Selasa (18/7).

Ia menegaskan persoalan ini harus secepatnya ditindaklanjuti. Lantaran bisa berdampak negatif pada masyarakat karena bisa menyebabkan rawan kecelakaan lalulintas dan menyebabkan kematian. Serta berdampak negatif pada daerah karena bisa menyebabkan jalan rusak.

Dirinya juga mengaku setiap harinya sering melihat truk bermuatan over kafasitas tersebut. Menurutnya truk tersebut rata-rata datang dari luar Kota dan menangkut buah kelapa untuk kemudian dikirim keluar pulau jawa.

Tapi ia berharap pihak berwenang tidak hanya menertibkan truk pengangkut buah kelapa saja, tetapi terhadap truk pengangkut barang yang banyak beraktifitas di Kotim. Jika membawa muatan melebihi kafasitas maka harus juga ditertibkan, pasalnya jalan didaerah bagendang hanya masuk dalam kategori kelas III.

“Sedangkan truk pengangkut  buah kelapa dan barang itu jika muatannya over kafasitas. Maka bebannya bisa mencapai 12 hingga 15 ton.  Jadi dampaknya tentu terhadap kondisi jalan di Kotim mejadi semakin mudah rusak,” tutupnya.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment