DPRD KOTIM 

Pilkades Serentak Harus Mengacu Perda

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Dadang H Syamsu.(Ist)

Sampit, – Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Dadang H Syamsu meminta pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak harus mengacu dan berpedoman pada peraturan daerah (Perda).

“Seluruh tahapan dan proses Pilkades serentak telah diatur dalam Perda, untuk itu pelaksanaannya dari panitia tingkat kabupaten hingga desa harus mengacu Perda agar tidak menimbulkan masalah,” katanya di Sampit, Jumat (14/7).

Dengan mengacu pada Perda, diharapkan permasalahan yang muncul di Pilkades serentak dapat di selesaikan.

Dadang juga berharap pelaksanaan Pilkades serentak nantinya bisa berjalan dengan aman dan tertib sehingga bisa menjadi tolak ukur pada Pilkades selanjutnya.

Pemerintah Kabuaten Kotawaringin Timur pada 2018 nanti juga akan menggelar Pilkades serentak, terutama terhadap desa yang belum melaksanakan Pilkades pada 2017.

Pilkades serentak di Kotawaringin Timur merupakan untuk pertama kalinya dilaksanakan, sehingga butuh persiapan dan perencanaan yang matang.

Dadang meminta kepada calon terpilih harus memiliki memiliki legitimasi yang kuat baik itu secara politis maupun secara hukum, agar dalam mengikuti Pilkades bisa sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya harap panitia pemilihan kabupaten menyiapkan anggaran yang terencana. Sehingga seluruh tahapan mulai dari penjaringan, pelaksanaan hingga pelantikan kades terpilih nantinya berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti,” katanya.

Pilkades serentak 2017 rencananya akan dilaksanakan pada 21 Oktober 2017 di 79 desa yang tersebar di 17 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sebelumnya Pilkades serentak 2017 direncanakan akan di gelar di 81 desa, namun karena dua desa tersebut dianggap belum siap sehingga ditunda pelaksanaannya pada 2018 nanti.

Kedua desa yang ditenta pelaksanaannya tersebut adalah Desa Selucing, Kecamatan Cempaga Hulu dan Desa Rantau Sawang, Kecamatan Telaga Antang.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: