DPRD KOTIM 

Wakil Ketua DPRD Kotim, Dewin Marang Meninggal Dunia

Foto – Sejumlah Anggota DPRD Kotim saat menyambangi rumah duka, di kediaman dewin marang, Jalan Suka Bumi Kecamatan Baaamang Sampit.(Setwan)

Sampit, – Duka menyelimuti jajaran politisi Kotawaringin Timur, Wakil Ketua DPRD Kotim dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dewin Marang tutup usia, pada kamis, 13 Juni 2017. Dewin mengembuskan nafas terakhir di usia yang ke 66 tahun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Murjani Sampit akibat komplikasi penyakit diabetes.

Suasana duka dan haru terasa di kediaman almarhum di Jalan Suka Bumi No.21 Kecamatan Baamang Sampit. Doket (43), Istri almarhum Dewin Marang terlihat sangat berduka. Sambil menatap foto alhamarhum, Doket sesekali mengusap air mata sambil menahan kesedihannya.

Tokoh Kaharingan yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Hukum ini meninggalkan empat orang anak pada usianya (66) diantaranya, Simpei, Dadang Riansyah, Luang Andi Wijaya , Wawan Setiawan  dan Dandi Gapernata.

Dewin meninggal pukul 14.10 WIB setelah rabu (14/6) malam menjalani masa rawat inap di RSUD Murjani Sampit. “Sempat dirawat malam harinya, pada hari ini terakhir (hari ini) itu masuk ruang ICU,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Kotim Supriadi MT.

Menurut keterangan dokter, lanjut Supriadi, Dewin mengalami komplikasi penyakit gula darah (Diabetes). “Keterangan dokter akibat sudah parahnya penyakit gula darah yang di derita beliau sehingga terjadi komplikasi pembengkakan jantung. Sebelumnya beliau juga sempat dirawat di rumah sakit Banjarmasin dan DKI Jakarta untuk cuci darah,” tuturnya.

DPD Golkar Kotim baik struktural maupun keseluruhan kader sangat berduka dengan wafatnya Dewin. Dia dianggap salah satu kader terbaik partai yang memiliki peran besar dalam perkembangan partai khususnya di kabupaten kotawaringin timur.

“Sekarang hingga akhir hayatnya beliau Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur. Di luar politik, beliau juga merupakan salah seorang tokoh agama hindu kaharingan yang membimbing banyak umat. Semoga amal sholeh Pak Dewin, sodara dan rekan seperjuangan kami diterima disisi Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” katanya.

Ditambahkan Supriadi, Dewin Marang adalah sosok yang humoris ramah dengan semua kader partai golongan karya. Dia selain menjadi panutan untuk kader-kader muda partai golkar tetapi juga dikenal sebagai leader mampu membimbing generasi muda khususnya yang aktif dikegiatan organisasi partai.

“Saya menyarankan agar jenazah dewin marang bisa dimakamkan dimakan pahlawan, mengingat banyak sekali jasa-jasa yang diberikan almarhum semejak masa hidupnya yang mengabdi selama 15 belas tahun di lembaga legislatif DPRD kotim, terutama untuk pembangunan di daerah pemilihan dapil V,” tukas Supriadi.

Sementara itu,  ratusan pelayat turut mendatangi rumah duka. Termasuk, Ketua Badan Legislasi DPRD Kotim, Dadang H Syamsu, Anggota Komisi IV DPRD Kotim, Hari Panca Setya, dan Hj.Darmawati Anggota DPRD Kotim, simpatisan, kader partai, kerabat, tetangga, dan sejumlah Aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Kotim.

Sebelum dimakamkan, sesuai dengan adat kaharingan jenazah Dewin masih di Semayamkan dirumah duka, sambil menunggu persiapan digelarnya acara untuk penghormatan terakhir kepada Dewin Marang di Kantor Lembaga Legislatif  DPRD Kotim.

Ditemui terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kotim, Rudianur mengaku kaget dengan meninggalnya Dewin Marang. “Jujur saya sangat merasa kehilangan, padahal baru kemarin saya mengetahui beliau di Rumah Sakit,” ujarnya.

Menurut dia, almarhum dikenal sebagai sosok sederhana, rendah hati dan pemimpin yang amanah. Dia mengaku merasa sangat terbantu selama menjabat sebagai Anggota DPRD dan Ketua Komisi II DPRD Kotim bersama Dewin marang sebagai seniornya di partai politik golongan karya.

“Saya atas nama pribadi dan warga kotim khususnya dapil satu, kami menyatakan berduka. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Dewin Marang, SH adalah kelahiran Desa Tangar 21 Maret 1951, Dia berkarir di Partai Politik Golangan Karya (Golkar) sejak sejak tahun 1972 s/d akhir hayatnya, selain itu Dewin marang juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kotim, Pada Tahun 2008-2011.

Hingga akhir hayatnya Dewin marang juga masih mengemban amanah, sebagai ketua majelis agama hindu kaharingan selama tiga periode berturut-turut, selain itu juga pernah menjabat sebagai ketua forum komunikasi antar warga tahun 2000-2004 dan ketua majelis daerah (AHK) tahun 2003-2014.

Selain dikenal dengan ketokohan nya, Dewing Marang juga akan dikenang sebagai budayawan oleh masyarakat kotim, karena semasa hidupnya dewin adalah penggagas kebudayaan daerah dayak yang sangat konsisten dengan keinginannya menjadikan kebudayaan dayak adalah corong utama menarik wisatawan untuk berkunjung kedaerah ini.

Melalui karir politiknya nya yang terpilih sebagai legislator sejak tahun 2004-2019 dewin marang mampu memperjuangkan gagasannya kepada pemerintah daerah kala itu, dewin marang berhasil mendirikan taman miniatur budaya kotim tahun 2003 lalu.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: