PEMKAB KOTIM 

Pemkab Kotim, Pastikan Stock Kebutuhan Pokok Aman Sampai Lebaran

Kepala Bagian Ekonomi SDM dan SDA Pemkab Kotim, Wim RK Benung.(ist)

Sampit,- Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timr memastikan stok bahan kebutuhan pokok aman hingga Lebaran. Pernyataan tersebut disampaikan usai rapat tentang stok bahan pokok pemerintah daerah dan sejumlah instansi terkait lainnya. Bahkan, rapat juga memastikan keamanan stok bahan pokok hingga lebaran.

“Semua stok bahan pokok tidak ada masalah,” kata Kepala Bagian Ekonomi SDM dan SDA Pemkab Kotim, Wim RK Benung, dikonfirmasi tentang kondisi stok bahan pokok selama Bulan puasa di Kantor Pemerintah Daerah, Kamis (8/6).

Wim lalu merinci beberapa kondisi ketersediaan bahan pokok tersebut. Stok beras cukup. Badan Urusan Logistik (Bulog) diminta menjaga stok beras hingga lebaran mendatang. Apabila terjadi kenaikan harga untuk beras pemda sudah mengantispasi sebelumnya dengan menggelar pasar murah.

Begitu pula dengan ketersediaan bawang merah dan bawang putih. Menurut Wim, saat ini adalah masa dimana terjadi kenaikan harga dalam komoditi kebutuhan bumbu dapur yang satu ini.

“Berdasarkan pantauan terakhir kenaikan harga bawang putih dipasaran masih belum diketahui penyebab pasti, meski demikian Tim Satgas Pangan, akan terus berupaya untuk mencarikan solusi terbaik untuk menormalisir harga, untuk ketersediaannya kami jamin akan tetap aman hingga lebaran mendatang,” ujarnya.

Dia mengatakan, tim satgas pangan yang sudah dibentuk pada 2 juni 2017 kemarin, sudah melakukan melakukan tugasnya dengan pemantauan harga kebutuhan pokok secara bekerlanjutan disemua tingkatakan guna memastikan tidak ada kenaikan harga susulan pada komoditi kebutuhan pokok lainya,” ungkapnya.

Selain memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok, pemerintah daerah setempat juga menyiapkan langkah-langkah agar harga bahan pokok pada Bulan Puasa tetap terkendali dan terjangkau masyarakat. Di Kotawaringin Timur, pemda melalui instansi terkait sudah menggelar pasar murah dan pasar rakyat disejumlah titik.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur akan memastikan distribusi bahan pokok tetap lancar selama bulan puasa hingga lebaran mendatang. Caranya dengan bekerjasama dengan kepolisian dan dinas perhubungan agar pengiriman bahan pokok jadi prioritas.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment