PEMKAB KOTIM 

Pemkab Kotim Siapkan Posko Pengaduan THR

ilustrasi (net)

Sampit, – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah akan menyiapkan posko pengaduan penyaluran tunjangan hari raya (THR) bagi para pekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kabupaten Kotawaringin Timur, Bima Ekawardhana senin (5/6) di Sampit mengatakan, posko pengaduan THR tersebut akan di pusatkan di Kantor Disnakertrans setempat.

“Posko pengaduan ini dapat menjadi tempat melapor bagi para pekerja yang tidak mendapatkan haknya menerima THR dari perusahaan tempatnya bekerja. Dari batas waktu yang telah ditentukan, yaitu H-7 hari raya Idul Fitri,” tambahnya.

Bima mengungkapkan, posko pengaduan THR tersebut akan mulai aktif dua pekan sebelum lebaran.

Pendirian posko sendiri dilakukan sebagai komitmen Disnakertrans untuk mengawasi ketenagakerjaan di Kotawaringin Timur. Pihaknya juga mengawasi secara langsung ketenagakerjaan di perusahaan-perusahaan yang ada di daerah itu.

Bima mengimbau pekerja yang merasa tidak mendapatkan haknya segera melapor ke posko yang telah disediakan. Sehingga nantinya bisa langsung ditindaklanjuti.

“Pekerja bisa langsung melakukan pengaduan ke posko, jika hingga batas akhir perusahaan tidak membayarkan THR-nya,” terangnya.

Kewajiban perusahaan membayar THR mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi pekerja/buruh di Perusahaan.

Dalam aturan itu disebutkan Pembayaran THR terhadap pekerja/buruh wajib diberikan dalam setahun sekali oleh perusahaan dan pembayarannya sesuai dengan hari keagamaan masing-masing serta dibayarkan selambat-lambatnya H-7 sebelum hari keagamaan.

“Apbila pihak perusahaan tidak membayar THR terhadap karyawan maka akan diberikan sanksi, mulai dari denda hingga pembatasan operasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Bima mengatakan, posko pengaduan THR karyawan didirikan setiap tahun. Untun tahun sebelumnya tidak ada pengaduan dari karyawan.

“Kita tidak tahu, mungkin saja karyawan yang bersangkutan takut untuk melapor. Tapi bisa juga memang tidak ada masalah terkait pembayaran THR,” tutupnya.(ant)

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment