DPRD KOTIM 

DPRD Minta Pemda Petakan Jalur Rawan Kecelakaan

ilutrasi-net

Sampit– Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimanatan Tengah Sutik meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan setempat untuk memetakan jalur mudik darat yang rawan kecelakaan.

“Pemetaan titik rawan kecelakaan sangat penting agar pemudik melalui jalur darat mengetahui dan lebih berhati-hati dalam berkendara,” katanya  di Sampit, Jumat (2/6).

Sutik mengungkapkan, kondisi jalan di Kotawaringin Timur banyak yang rusak, tikungan tajam dan sempit sehingga butuh kewaspadaan dan kehatian pemudik.

Dishub diharapkan juga memasang rambu peringatan di setiap titik rawan kecelakaan agar bisa diketahui pengguna jalan.

“Jalur mudik lebaran juga sebaiknya dibersihkan dari material proyek yang masih dalam pengerjaan maupun yang sudah selesai pembangunannya agar tidak menganggu jalan,” katanya.

Sutik juga meminta Dishub melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah angkutan mudik baik itu bus maupun mobil angkutan umum lainnya.

Pemeriksaan meliputi seluruh bagian kendaraan, mulai roda, lampu, kursi, kaca spion, bodi kendaraan.

Kendaraan yang diketahui tidak memenuhi standar harus dilarang beroperasi dalam angkutan lebaran. Sehingga, pemilik bus harus mengganti onderdil yang dinyatakan tidak layak.Selain kendaraan umum, pemeriksaan juga harus dilakukan pada awak bus, seperti terkait kesehatan.

“Awak bus maupun kendaraan angkutan lainnya harus dipastikan dalam kondisi sehat, dan tidak mengunsumsi minumal beralkohol maupun narkoba selama melakukan perjalanan mudik,” ucapnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment