DPRD KOTIM 

Harga Bawang Putih Naik Saat Jelang Ramadan

foto-net

Sampit,-Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Jainudin Karim, mengatakan kondisi memprihatinkan terjadinya kenaikan harga bawang putih saat menjelang Ramadan atau hari besar lain, merupakan hal biasa terjadi. Pemerintah semestinya bisa mengantisipasi setiap kali datangnya hari besar seperti ini.

“Kenaikan harga pada barang kebutuhan ini, kerap terjadi saat menjelang hari-hari besar. Baik ramadan, Idul Fitri dan Natal,” katanya disampit minggu (28/5).

Memang, imbuhnya dibalik kenaikan harga selalu saja ada argumentasi dari pemerintah daerah yang menjadi alasan klasik.

Sebab, hampir tiap tahun kenaikan harga ini selalu terjadi. Tidak hanya bawang putih tapi barang lainnya juga.

“Seharusnya ini menjadi perhatian bagi pemerintah untuk mengantisipasinya. Dengan cara mempersiapkan, pada trend-trend akan terjadinya kenaikan harga,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim ini juga menuturkan, jika sudah terjadi tiap tahun, Pemerintah tentu memiliki data statis terkait akan terjadinya kenaikan. dan memang dari tahun-tahun sebelumnya pasokan bawang putih sudah dari luar pulau.

“Makanya langkah strategis, yang harus dilakukan pemerintah daerah, selama kita tergantung dengan jawa. Setidaknya bisa memiliki persiapan khusus pada waktu-waktu terjadinya peningkatan kebutuhan.

Membuat gudang penyimpanan akan menjadi langkah strategis. Memang membutuhkan anggaran tapi hanya ini yang bisa dilakukan sebagai antisipasinya,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment