DPRD KOTIM 

Jalan Menuju Obyek Wisata Perlu Dibenahi

Anggota Komisi IV DPRD Kotim, M.Shaleh

Sampit,- Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Muhammad Shaleh meminta pemerintah daerah itu untuk membenahi infrastruktur jalan menuju obyek wisata.

“Untuk menarik datangnya wisatawan tentunya tidak cukup hanya dengan mempercantik objek wisata, namun  akses menuju lokasi itu sangat penting,” katanya kepada  di Sampit, Selasa (9/5).

Shaleh mengungkapkan, apabila jalan sudah nyaman dan aman dilalui maka objek wisata itu akan tumbuh dan berkembang, tapi kalau rusak bisa dipastikan orang akan enggan untuk datang berkunjung.

Pemerintah daerah mencanangkan sebagai kota tujuan wisata memang cukup baik, namun itu tidak mungkin bisa tercapai apabila semua pihak tidak bersinergi.

Mengembangkan obyek wisata akan menjadi tantangan berat bagi pemerintah daerah karena letaklnya yang jauh dengan medan cukup berad karena berada di luar ibu kota kabupaten, misalnmya seperti cagar budaya rumah adat suku Dayak Betang Tumbang Gagu di Kecamatan Antang Kalang.

Kondisi jalan menuju ke daerah itu masih sulit, dan masih mengandalkan transportasi air.

“Makanya itu salah satu tantangan pengelolaan sektor wisata Kotawaringin Timur kedepannya, jadi jangan salah infrastruktur itu harus berjalan seiring dengan sektor wisata, percuma objek wisatanya indah tapi tidak didukung dengan jalan yang nyaman,” katanya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mendorong agar kerjasama dengan pihak ketiga dalam membangun infrastruktur adalah hal yang harus dilakukan.

Dia mendukung agar forum CSR bisa diarahkan untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan infrastruktur terutama didaerah pedalaman Kotawaringin Timur.

“Kita sepakat dan mendukung selama pelaksanaanya melalui forum CSR dan sesuai dengan aturan karena apabila menunggu dana pemerintah perlu proses berjenjang,” ucapnya.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment