PEMKAB KOTIM 

40 Petani Terbaik Kotim Ikut KTNA di Aceh

Foto – Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, Kotawaringin Timur melepaskan petani terbaik di kotawairingin timur untuk mengikuti, Pekan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV yang dilaksanakan di Banda Aceh.(Setwan)

Sampit – Sebanyak 40 petani terbaik Kabupaten Kotawaringin Timur, diberangkatkan mengikuti Pekan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV yang dilaksanakan di Banda Aceh. Mereka akan bergabung dengan utusan dari kabupaten dan kota lain di Kalimantan Tengah yang berjumlah sekitar 300 orang.

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri mengatakan, Kotawaringin Timur menjadi kabupaten yang mengirim utusan paling banyak untuk Kalimantan Tengah. Dia berharap para petani itu mampu mempersembahkan prestasi terbaik.

“Saya berharap keikutsertaan kita bukan sekadar ikut menghadiri acara, tetapi juga meraih prestasi. Makanya saya minta seluruh peserta bersinergi dan mempersembahkan yang terbaik agar mampu meraih prestasi,” kata Taufiq, Selasa (2/5/2017).

Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Pekan KTNA tingkat nasional tersebut. Di antaranya gelar teknologi, diskusi, olahraga dan berbagai lomba yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Taufiq berharap kontingen asal Kotawaringin Timur memanfaatkan momen tersebut untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu tentang pertanian. Sehingga bisa diterapkan untuk meningkatkan dan mengembangkan pertanian di Kotawaringin Timur.

Peserta Pekan KTNA diharapkan menjadi pelopor dan berbagi pengetahuan kepada petani lainnya di Kotawaringin Timur. Langkah itu diharapkan dapat membawa manfaat besar dan kemajuan bagi petani di daerah.

“Kami berharap petani dan pertanian di Kotawaringin Timur menjadi yang termaju, khususnya di Kalimantan Tengah. Tunjukkan kemampuan terbaik agar masyarakat luas mengetahui bahwa kita mampu disejajarkan dengan daerah maju lainnya,” harap Taufiq.

Kepala Dinas Pertanian, I Made Dikantara mengaku bangga karena petani di Kotawaringin Timur selalu bersemangat dalam meningkatkan pertanian. Tidak terkecuali dalam keikutsertaan di Pekan KTNA, petani daerah kno selalu antusias.

“Kami yakin utusan kita akan mampu mempersembahkan prestasi. Saat lomba mengupas kelapa di Tasikmalaya, petani kita yang berasal dari Kecamatan Pulau Hanaut menjadi yang tercepat sehingga menjadi juara,” kata Made.

Made mengatakan, Pekan KTNA sangat penting bagi petani dan nelayan Kotawaringin Timur karena banyak pengetahuan yang akan didapat. Ilmu yang didapat diharapkan dapat membantu petani mengembangkan pertanian di daerah.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment