PEMKAB KOTIM 

30 Pejabat Ikut Uji Kompetensi

Foto-Net

Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur kembali menggelar evaluasi dan uji kompetensi. Sebanyak 30 pejabat mengikuti uji kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilaksanakan oleh panitia seleksi yang dibentuk pemerintah daerah.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi itu sepenuhnya dilaksanakan oleh panitia seleksi. Pihaknya di Badan Kepegawaian Daerah hanya memfasilitasi pelaksanaan uji kompetensi.

“Sebenarnya ada 31 jabatan yang dievaluasi dan pejabatnya harus mengikuti uji kompetensi, namun satu orang tidak ikut karena memasuki pensiun pada 1 Juni nanti,” kata Alang di Sampit, Rabu (3/5/2017).

Tes wawancara dan paparan dilaksanakan di kantor Badan Kepegawaian Daerah. Tahapan ini diperkirakan akan memakan waktu tiga sampai empat hari.

Panitia seleksi diketuai Sekretaris Daerah Putu Sudarsana, beranggotakan tokoh masyarakat dan akademisi dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Politeknik Negeri Banjarmasin dan Universitas Lambung Mangkurat.

Setiap peserta mendapat alokasi waktu paling lama satu jam. Mereka diminta memaparkan program sesuai visi dan misi bupati, serta memberi tanggapan atas visi dan misi bupati.

Selanjutnya panitia seleksi akan membuat peringkat nilai masing-masing peserta dari hasil assessment dan wawancara. Satu orang akan direkomendasikan untuk tiga jabatan sebagai bahan pertimbangan bupati.

“Apakah tetap, dipindah atau seperti apa. Hasil assessment dan wawancara jadi pertimbangan. Tanggal 8 atau 9 Mei hasilnya akan dilaporkan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), kemudian ada rekomendasi kepada Bupati. Kalau ada yang hasilnya tidak sesuai kriteria maka akan menjadi pertimbangan bupati,” jelas Alang

Alang mengaku belum mengetahui kapan bupati akan mengumumkan hasilnya. Begitu pula kemungkinan pelantikan pejabat baru, belum diketahui kapan dilaksanakan. Namun jika ada pelantikan, kemungkinan akan bersamaan dengan hasil seleksi tujuh jabatan yang dilaksanakan sebelumnya.

Seleksi terbuka ini diyakini dapat memberikan hasil berkualitas. Panitia seleksi merupakan orang independen yang mengedepankan fakta dan hasil evaluasi mereka yang disampaikan apa adanya.

BERITA TERKAIT

2 Thoughts to “30 Pejabat Ikut Uji Kompetensi”

  1. My family members always say that I am wasting my time here at net, but I know I am getting knowledge all the time by reading thes good articles or reviews.|

  2. Hi there! This article couldn’t be written much better! Looking through this article reminds me of my previous roommate! He constantly kept talking about this. I am going to forward this article to him. Pretty sure he’ll have a very good read. Thanks for sharing!|

Leave a Comment