DPRD KOTIM 

Draf Revisi Perda Parkir Gagal Diajukan ke DPRD

Sampit,–Pengajuan draf revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 19 Tahun 2010 tentang perpakiran ke lembaga legislatif DPRD Kotim, Selasa (25/4) kemarin terpaksa dibatalkan. Itu karena draf raperda yang diajukan Pemerintah Daerah setempat dinilai belum sesuai dengan kondisi perpakiran saat ini.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kotim, Dadang H Syamsu, mengatakan rapat pembahasan raperda atas perubahan Peraturan Daerah tentang Perparkiran terpaksa harus ditunda untuk sementara waktu, karena draf yang diajukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kotim tidak sesuai yang diharapkan.

“Setelah kami lihat dalam draf revisi ada banyak poin yang tidak sesuai selain itu tidak banyak perubahan yang cukup signifikan, sehingga kami sarankan kepada pemda untuk membuat kembali atau merevisi draf yang ada,”katanya.

Menurutnya, draf usulan revisi perda masih kacau,”misalnya dalam pembagian zona parkir saja tidak disebutkan jelas dimana saja yang masuk dalam pengelolaan oleh pemerintah dan dimana yang dikelola oleh swasta atau perorangan,”jelasnya.

“Pada prinsip kami menghargai hasil penyusunan yang dilakukan mereka, hanya saja hasilnya belum maksimal karena tidak mengakomodir harapan atas perubahan perda parkir itu, sehingga dengan sangat terpaksa pengajuan draf kami kembalikan lagi dengan harapan bisa dirubah,” tegasnya.

Sementara itu, Khairul Huda, Kepala Bagian Hukum Pemkab Kotim, berpendapat jika usulan draf dikembalikan oleh pihak legislative, maka tidak menutup kemungkinan pengajuan draf berikutnya juga akan ditolak karena setiap pasal dan poin dalam perda tersebut saling berhubungan.

“Memang sebaiknya draf itu disusun ulang karena mungkin akan banyak sekali perubahan, kalaupun banyak dirubah otomatis terpaksa membuat perda baru lagi dan sudah pasti memakan banyak waktu karena membutuhkan kajian akademis, biaya dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu meski mendapat penolakan dari sejumlah anggota DPRD yang ikut hadir dalam rapat pembahasan raperda tentang perpakiran, kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kotim, Fadlianoor, mengatakan pihaknya masih sangat optimis mengajukan draf usulan revisi peraturan daerah Nomor 19 Tahun 2010 tersebut.

“Pada intinya pihaknya siap untuk melakukan perubahan terhadap draf usulan revisi perda tentang perpakiran itu sesuai permintaan dewan, mungkin beberapa hari kedepan draf itu akan kita selesaikan bersamaan dengan tim,” tutupnya.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: